Thursday, June 2, 2016

Ngegembel di Jepang: TOKYO DAY 1 (part 2) - Asakusa, Ueno, Ikebukuro

Di pesawat cuma bisa tidur 4 jem, pagi-pagi udah nyasar, bawa tas berat, geret-geret koper gede ke mana-mana, udah lelah jiwa dan raga, rasanya nyampe apartemen pengen langsung istirahat. Tapi karena sayang waktu, abis taro koper dan ambil portable wi-fi, tanpa mandi saya langsung jalan lagi.

Itinerary saya buat hari ini:
1. Asakusa
-  Tobu Sightseeing Center
- Asakusa Culture Tourist Center
- Kaminarimon
- Nakamise Street
- Sensoji Temple
2. Ueno
- Ameyoko
- Ueno Park
3. Ikebukuro
- Nishiguchi Park
- Bic Camera
- Otome Road
- Sunshine City

Sebelum ke stasiun Ohanajaya, saya mampir dulu ke Sevel. Ini pertama kalinya saya masuk konbini (convenience store) di Jepang. Saya ambil es Gari Gari-Kun. Pas bayar, saya sambil ngobrol-ngobrol sama mama saya pake bahasa Indonesia. Udah jelas banget ya saya bukan orang sana, tapi kasirnya kemudian nyerocos dengan konbini keigo-nya (bahasa Jepang formal yang selalu dipake sama kasir konbini). Dan ternyata bukan cuma di Sevel ini, di semua konbini yang saya datengin, kasirnya selalu ngomong pake konbini keigo, udah kaya afalan yang wajib diomongin ke setiap tamu. Bahkan waktu di Family Mart, tantenya temen saya mau bayar dan ga sadar kalo dia salah kasih uang, kasir itu tau kalo si tante ini foreigner tapi kasir itu tetep lanjut ngomong pake bahasa Jepang. Yang lebih lucu lagi adalah waktu saya ke Lawson. Pas bayar, saya juga lagi ngobrol sama temen saya pake bahasa Indonesia. Begitu kasir itu sadar kalo kita foreigner, dia langsung diem dan ngomong pake bahasa tubuh..



Percakapan sama kasir konbini biasanya kaya gini
M= Saya
K= Kasir

K: "Irasshaimase" (Selamat datang) atau "Douzo" (Silakan) atau "Tsugi no okyakusama" (Pelanggan berikutnya, silakan)
M: *samperin* *kasih barang belanjaan*
K: "XXX-en ni narimasu" (Totalnya XXX yen)
M: *liat angka di mesin kasir* *taro uang di wadah yang udah disediain*
K: "XXX-en kara oazukarishimasu" (Uang Anda XXX yen) atau "XXX-en de yoroshikatta deshou ka?" (Apakah tidak apa-apa pakai uang XXX yen?) *tunjukin uang yang barusan saya kasih*
M: "Hai"
K:  "XXX-en no otsuri ni narimasu" atau "XXX-en no okaeshi ni narimasu" (Kembaliannya XXX yen)

Kadang juga ditanyain
K: "Fukuro ni iremasuka?" (Perlu plastik ga?) atau "Kono mama daijoubu desu ka?" (Kaya gini aja, ga diplastikin gapapa?)

Saya suka berasa lucu liat kasir di Jepang kalo kasih uang kembalian, karena mereka bukan langsung kasih uangnya gitu ke kita. Susah saya jelasin, kalo penasaran baca artikel ini aja ya haha http://www.japantoday.com/category/lifestyle/view/the-art-of-giving-and-receiving-change-in-japan

Oke balik ke cerita awal.

Abis dari Sevel, saya ke stasiun Ohanajaya terus pergi ke Asakusa. Di stasiun Asakusa, saya cari-cari Tobu Sightseeing Service Center tapi kok ga ketemu-ketemu. Akhirnya saya masuk ke department store yang ada di dalam stasiun itu, terus tanya ke salah 1 staff yang lagi jaga booth make up. Dia ga tau Sightseeing Center itu di mana, terus dia tinggalin boothnya dan pergi nanya kasir di department store itu, padahal booth itu cuma dia sendirian yang jaga.. Saya ikutin dia ke kasir, terus ketemu sama staff yang tau letak Sightseeing Center-nya. Staff itu temenin saya buat jalan ke tempat tujuan saya. Orang di sini baik-baik sekali ;~;

Sampailah saya di Tobu Sightseeing Service Center. Saya ke sini buat beli Kinugawa Theme Park Pass. Kinugawa Theme Park Pass itu pass yang terdiri dari tiket kereta PP dari Tokyo ke Nikko (stasiun Kinugawa-onsen), tiket buat masuk ke theme park yang ada di Nikko (Edo Wonderland/Tobu World), dan tiket bus dari stasiun Kinugawa-onsen ke theme park tadi. Saya beli pass itu buat hari keempat saya di Jepang karena saya pengen banget pergi ke Edo Wonderland. Staff Sightseeing Center itu jelasin ke saya tentang detail keretanya naik dari peron mana, jadwal keretanya jam berapa aja, jadwal busnya jam berapa aja, dll dan untungnya staff ini bisa bahasa Inggris....

Abis beli Kinugawa Pass, saya lanjut buat jelajahin Asakusa. Saya nyalain portable wi-fi, buka Google Map, tapi ternyata Google Map-nya ngaco. Posisi yang ditunjukin di Google Map ga sesuai sama posisi saya sebenernya. Akhirnya saya coba keluar aja dari stasiun, ternyata udah keliatan Shin-Nakamise Street. 

Kira-kira begini gambarannya, biar saya gampang ceritainnya.

Dari Shin-Nakamise Street, saya jalan ke Nakamise Street dan begitu nyampe, langsung mengalami mental breakdown hahahaha.. Orang Jepang, turis-turis dari luar (saya juga ketemu orang-orang Indonesia), semuanya berduyun-duyun jalan dari Kaminarimon ke Sensoji. Ramenya bukan main. Rasanya itu kaya lagi jalan-jalan di event Ennichisai di Blok M, cuma Nakamise ini jauh lebih parah. Mungkin emang bener kata orang, kalo Asakusa ini tourist trap. Pada detik ini saya sangat menyesal kenapa saya pergi ke Jepang pas Golden Week. 

Karena saya ada di deket Shin-Nakamise, saya harus jalan lawan arus ke Kaminarimon, mantap. Setelah jalan desek-desekan, senggal-senggol sana-sini akhirnya sampe juga. Sangking ramenya di sini, saya mau foto aja susah banget. Udah susah-susah foto, kamera yang saya pake buat foto malah kecemplung, hiks (kejadian ini akan diceritakan nanti T__T). Dari Kaminarimon ini keliatan gedung Asakusa Culture Tourist Center, tapi karena saya males nyebrang jalan, akhirnya ga jadi pergi ke sana. 

Abis foto di Kaminarimon, saya jalan ke Sensoji lewat Nakamise Street. Nakamise Street ini terkenal sama jajanan tradisionalnya. Menurut research saya sih, jajanan tradisional yang enak di sini ada banyak: kibidango, melonpan, ningyoyaki, agemanju, senbei, dll. Saya liat ada antrian mengular di salah 1 toko yang jual kibidango. Saya coba ikut ngantri, terus beli kibidango sama matcha-nya. Saya makan di depan toko itu, terus kasir toko itu manggil saya dan saya kira dia suru saya minggir, makanya saya minggir. Pas saya udah ke pinggir, kasir toko itu manggil saya lagi, terus dia ngomong pake bahasa Inggris,"Cannot eat here" sambil nunjuk-nunjuk ke belakang dengan tergesa-gesa. Ternyata di belakang toko itu ada tempat buat duduk dan makan. Saya baru tau kalo kita ga boleh makan di jalanan.. Kibidango-nya rasanya biasa aja sih, kaya kenyel kenyel gitu terus dikasih bubuk kacang. Buat harga 330 yen, not worth it. Matcha-nya sendiri lumayan enak, beda sama matcha yang biasa saya minum.

Saya lanjut jalan ke Nakamise Street, terus saya berenti bentar buat motret jalanannya. Tiba-tiba nenek-nenek yang lagi jaga di salah 1 toko nepuk-nepuk saya. Saya kira dia mau suruh saya beli dagangannya. Ternyata dia ngira saya motret barang dagangannya dia, trus dia suruh apus itu foto. Ngomongnya nadanya ga enak pula. Trus saya tunjukin aja kamera saya, kalo barusan yang saya foto itu lautan manusia di Nakamise, bukan dagangannya, ke-geeran banget -_- Selain jajanan, di Nakamise juga banyak toko yang jual souvenir mahal.

Akhirnya saya sampe di Sensoji.

Gerbang depan Sensoji Temple


Foto yang tadi itu satu-satunya foto saya di Asakusa. Foto-foto yang lain ada di kamera yang kecemplung itu.. Di sekitar Sensoji Temple, kaya kuil-kuil pada umumnya, ada tempat buat taro hio, tempat buat coba omikuji (kaya fortune telling gitu), tempat air buat menyucikan diri. Dalem kuilnya pun rame banget, apalagi waktu itu lagi ada ritual.

Saya ga lama-lama di Sensoji. Begitu liat-liat bentar, langsung keluar terus cari tempat duduk. Cape banget jalan-jalan di antara kerumunan orang. Dari Sensoji, saya buka Google Map buat cari jalan ke Kamejuu. Kamejuu ini toko makanan yang ada di sebrang Kaminarimon, deket Asakusa Culture Tourist Center. Saya tau toko ini dari youtuber "Sharla in Japan" haha. 

Di Kamejuu, yang paling terkenal adalah dorayaki-nya. Begitu nyampe, penjaga tokonya teriak-teriak, "kalo mau beli dorayaki harus ngantri di ujung". Saya jalan agak jauh dari toko itu, terus ketemu penjaga yang pegang gambar dorayaki. Saya tanya ke penjaganya, "Ini antrian buat beli dorayaki-nya Kamejuu bukan?" Dia bilang, "Iya, tapi ngantrinya sekitar 1 jam-an." Hahaha males banget...

Karena ga jadi beli dorayaki, saya akhirnya cari stasiun buat pergi ke Ueno. Di sinilah tragedi nyasar-menyasar (untuk yang kedua kalinya) dimulai. Saya masuk ke stasiun Asakusa. Walaupun namanya sama-sama stasiun Asakusa, stasiun ini beda gedung sama stasiun yang pertama saya nyampe tadi. Stasiun yang pertama saya nyampe itu punyanya perusahaan Tobu, sedangkan sekarang saya lagi ada di stasiunnya perusahaan Tokyo Metro. Terus saya cek screenshot-an Hyperdia di HP saya, saya harus berangkat dari stasiun ASAKUSA (TOBU/SUBWAY). Saya pikir saya harus balik ke stasiun tempat pertama saya nyampe tadi, jadi di stasiun Asakusa Tokyo Metro, saya cari peta buat pergi ke stasiun Asakusa Tobu. Abis baca peta, saya langsung sok tau, terus jalan nyari stasiun Asakusa Tobu. Muter-muter, ga ketemu juga itu stasiun. Akhirnya saya masuk lagi ke stasiun Tokyo Metro, saya tanya petugas stasiun di situ, terus dia nunjukin jalan ke stasiun Tobu. Pas saya coba jalan lagi, di jalan juga udah tanya orang lagi, tetep aja ga ketemu itu stasiun. Di sepanjang jalan, banyak mas-mas jepun yang nawarin buat naik rickshaw (kaya becak, tapi ditarik orang, bukan dikayuh pake sepeda). Dan akhirnya, untuk yang ketiga kalinya, saya balik lagi masuk ke stasiun Tokyo Metro. Kali ini saya tanya ke petugas stasiun, "Kalo mau ke Ueno mesti dari mana?" Petugas stasiun itu bilang, "Dari sini." Terus saya tap Suica saya, masuk ke kereta, dan di kereta saya cek lagi screenshot-an di HP saya. Pada saat itu juga saya merasa sangat bodoh karena saya baru sadar kalo tulisan di HP saya itu kaya gini.

Jelas-jelas ada tulisan "Tokyo Metro".....

Dan saya juga baru sadar, kalo Tokyo Metro = Subway, karena keretanya kereta bawah tanah. Kalo kereta-kereta perusahaan lain mirip kaya commuter line, keretanya di atas tanah.

Akhirnya saya nyampe di Ueno. Saya jalan lewatin toko-toko, terus nyampe di Ameyoko. Ameyoko ini rame banget, tapi ga serame Nakamise. Ameyoko ini kaya pasar, di pinggir jalan ada banyak yang jual ikan-ikanan yang masih seger, ada banyak restoran kebab halal, ada banyak izakaya (tempat makan yakitori/sate ayam dan minum bir), ada banyak toko sepatu, dll. Tujuan saya ke Ameyoko adalah buat cari toko sepatu yang namanya "Tokyo Kutsu Ryutsu Senta" sama toko snack "Niki no Kashi". Menurut rocketnews24 (web yang biasa saya baca buat cari info tentang Jepang), sepatu di Tokyo Kutsu Ryutsu Senta murah-murah, banyak sepatu yang harganya di bawah 1000 yen. 3 kali bolak balik jalanan Ameyoko, ga ketemu-ketemu juga toko sepatu ini. Akhirnya saya nyerah, terus pas muter-muter, tiba-tiba ketemu toko Niki no Kashi. Di sini saya borong Kracie Poppin Cookin, Kit Kat, Pocky, Umaibo, Kaki no Tane, Kinoko no Yama, dll. Kalo kita belanja lebih dari 5,000 yen, kita bisa dapet tax free. Syaratnya, kita harus bawa paspor. Nanti belanjaan kita bakal masuk ke tax free bag yang ga boleh kita buka selama kita di Jepang, sampe Indonesia baru boleh dibuka.

Abis belanja, saya jalan ke Ueno Park. Di sinilah kamera saya kecemplung. Saya masukin kamera saya di kantong celana, pas ke toilet di sini, terjadi hal yang tidak diinginkan.. Begitu jatoh, saya langsung ambil kameranya. Kamera saya langsung ga bisa dinyalain. 

Ngomong-ngomong soal toilet, kalo di Jepang, biasanya di dalem toiletnya ga ada tong sampah. Saya bingung dong mau buang tisu di mana. Akhirnya saya bawa tisunya keluar toilet. Di luar toilet ada 2 tong sampah gede, tulisannya "Moeru gomi" (sampah yang bisa dibakar) sama "Moenai gomi" (sampah yang ga bisa dibakar). Tisu kan bisa dibakar, jadi saya buka tong sampah yang "Moeru gomi", terus saya bingung kenapa ga ada sampah tisu sama sekali di sana. Saya sama temen saya sampe diliatin bapak-bapak yang lagi duduk deket situ.. Setelah kejadian ini, saya baru tau kalo tisu toilet di Jepang itu harusnya dibuang ke kloset karena emang bahannya bisa ancur, beda sama tisu toilet di Indonesia.

Ueno Park ini tamannya gede banget. Di dalemnya ada kuil-kuil, kolam, museum, kebun binatang, dll. Tapi karena saya ga lama-lama di sini, saya cuma sempet liat kuilnya doang. Udah cape juga, ga kuat kalo disuru keliling taman ini haha.

Dari Ueno Park untungnya keliatan stasiun Ueno. Saya mau naik kereta ke Ikebukuro. Dari Ueno ke Ikebukuro, saya harus naik JR Yamanote Line (Inner Loop) jurusan Osaki. Nah, saya ga tau itu Inner Loop apaan, makanya saya langsung asal naik aja kereta yang ke Osaki. Pas di kereta, saya bingung kenapa kereta yang saya naikin tuh jalannya ga ke arah Ikebukuro. Saya tanya ke salah 1 penumpang di kereta. Baru juga ngomong, "Sumimasen..", langsung dijawab, "No, no." Sedih, hiks. Jadinya, saya turun di stasiun Akihabara. Terus saya perhatiin pelang yang ada di stasiun Akihabara. Walaupun kereta JR Yamanote Line jurusannya sama-sama ke Osaki, ada yang arahnya ke Ikebukuro & Shinjuku & Shibuya, ada yang arahnya ke Tokyo Station & Shinagawa. Ternyata jalur kereta Yamanote Line ini bentuknya lingkaran, makanya jurusannya bisa sama tapi beda arah.

*Maaf kalo cerita tentang kereta-perkeretaan ini kurang jelas, karena saya juga bingung nyusun kalimatnya haha

Akhir kata, saya nyampe di Ikebukuro. Sangking gedenya stasiun Ikebukuro, cari pintu keluar aja susahnya setengah mati. Alasan utama saya mau ke Ikebukuro, tak lain tak bukan adalah karena Durarara. Durarara itu anime favorit saya sepanjang masa, yang latar belakang ceritanya adalah kota Ikebukuro. Di Ikebukuro, di itinerary saya, saya tulis mau makan di Denny's (chain restaurant yang terkenal sama hamburg-nya). Di sinilah tragedi nyasar menyasar (untuk yang ketiga kalinya) dimulai.

Saya buka Google Map buat cari jalan ke Denny's. Begitu jalan udah rada jauh, saya baru nyadar kalo posisi saya di Google Map itu ngaco. Terus, saya balik lagi ke depan stasiun Ikebukuro. Saya masuk ke koban (police box) yang ada di deket situ. Saya tanya arah ke Denny's. Polisi itu ga tau, dia sampe buka-buka buku telepon, cari alamatnya Denny's. Terus dia suruh saya pake smartphone saya buat masukin alamatnya. Terus saya bilang kalo Google Map saya ngaco. Akhirnya dia cuma tunjukin jalan ke daerah Higashi-ikebukuro, terus dia bilang, "Di sana ada police box lagi. Coba tanya polisi yang ada di sana."

Karena saya udah nyasar-nyasaran sekitar 1 jam, dan 3 orang yang pergi bareng saya sudah lelah, akhirnya kita makan di Matsuya. Saya baca review di internet, katanya Matsuya lebih enak daripada Yoshinoya. Pas masuk ke Matsuya, saya pilih makanan dan bayar dulu di vending machine-nya. Ntar vending machine itu bakal keluarin kupon makanan pesenan kita. Kupon itu ntar kita kasih ke staff Matsuya, terus kita duduk dan tunggu makanannya dianter. Pas saya cobain, rasa gyudon-nya sama aja kaya Yoshinoya, ga lebih enak.

Oh ya, kalo di Tokyo, di chain restaurant biasanya selalu disediain air putih gratis di meja kita, jadi kita ga perlu beli minum lagi. Biasanya juga ada tempat duduk buat orang-orang yang makan sendirian, karena di Tokyo emang banyak orang yang makan sendiri di restoran, apalagi orang-orang yang abis pulang kerja. Coba aja di Jakarta ada tempat duduk kaya gitu, kan enak jadinya ga awkward.

Dari Matsuya, saya jalan buat cari Otome Road. Abis makan, rasa cape saya udah berkurang dan otak saya udah makin jalan. Saya buka Google Map lagi, tapi kali ini saya coba baca petanya, ga usah show direction/start navigation. (Harusnya dari tadi saya kaya gini aja biar ga nyasar -_-) Akhirnya saya nemu itu jalan. Saya masuk ke animate dan bahagianya bukan main... Animate di Ikebukuro ini flagship store, tingginya 8 lantai. Di sini rame, kalo mau naik lift aja harus ngantri. Ada lantai yang khusus majalah, ada yang khusus manga, ada yang khusus doujin, ada yang khusus figure, ada yang khusus official goods, dll. Di sini sih saya cuma cuci mata aja, walaupun sebenernya pengen borong semua..



Barang Osomatsu lagi booming banget

Cloth hanger & pin

Plushie

Figure & nendoroid

Manga

Popcorn...

Gacha

Akhirnya saya cuma puter gacha Durarara dan dapet Celty.


Karena cuma saya sendiri yang demen anime, saya jadi ga bisa lama-lama juga di animate. Sebenernya sih saya pengen masuk ke toko-toko anime lain di sepanjang Otome Road, hiks. Saya lanjut jalan ke Sunshine City. Sunshine City ini mall yang isinya ada akuarium, observatorium, Namja Town (theme park makanan), J World (theme park anime-nya JUMP), dan Pokemon Center. Sebenernya saya ga ada maksud apa-apa dateng ke sini, saya cuma penasaran aja karena Sunshine City sering muncul di anime Durarara. Akhirnya saya cuma masuk ke Pokemon Center-nya aja. Banyak boneka pokemon yang lucu-lucu, tapi harganya juga lucu....

Overall saya suka atmosfir(?)-nya Ikebukuro. Ikebukuro ini kaya perpaduan kota anime dan kota fashion. Banyak anak muda stylish yang nongkrong di sini. Kalo mau berburu ikemen, dateng aja ke Ikebukuro :p

Di post ini saya ga bisa banyak upload foto karena selain kamera saya kecemplung, tangan saya sibuk megangin action cam. Tadinya saya mau bikin vlog tapi males, jadilah rekaman yang kacau seperti ini



Buat yang mau ke Jepang tapi di apartemen ga disediain pocket wi-fi atau ga mau nyewa pocket wi-fi, bisa coba pake b-mobile VISITOR SIM. SIM Card ini ga bisa buat telepon/SMS, cuma bisa buat internet (unlimited). Harganya 2,380 yen, aktif buat 14 hari. Tapi pastiin dulu Supported Device-nya, cocok ga sama HP kita.
More info -> http://www.bmobile.ne.jp/english/

Pengeluaran hari pertama (ga termasuk jajan dan belanja)

Beli & isi Suica -> JPY10,000
Beli Kinugawa Theme Park Pass -> JPY6,180
Makan di Matsuya -> JPY320

TOTAL -> JPY16,500

Sekian post saya kali ini, maaf kalo bahasanya berantakan, see you next post~

Previous post:
-Preparation to Japan http://meidianabcde.blogspot.co.id/2016/05/preparation-to-japannn.html
-Tokyo D-1 & DAY 1 (part 1) http://meidianabcde.blogspot.co.id/2016/05/japan-d-1-day-1-part-1-ngegembel-di.html







No comments:

Post a Comment